Wednesday, October 24, 2007

NANAS



Buah ini banyak disukai karena rasanya yang asam manis menyegarkan, di Indonesia sendiri, buah ini sering dilibatkan dalam aneka olahan misalnya untuk kue, stup, selai, dodol atau dibuat minuman.
Tidak hanya itu, dulu nenek moyang kita memanfaatkan daging buah ini sebagai bahan untuk mengkilatkan kuningan, air buahnya pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengempuk daging. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi jadi dimakan segarpun juga enak dan menyehatkan.

Buah ini identik dengan daerah tropis maka hampir semua bangsa di dunia menganggap buah ini sebagai simbol selamat datang dan keramah-tamahan.
Nanas merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Amerika Selatan dan ditemukan untuk pertama kalinya oleh Christopher Columbus pada tahun 1493. Kemudian nanas diperkenalkan ke benua Eropa dan menjadi sangat populer pada abad ke 17. Orang Spanyol menyebut nanas pine karena mereka mengibaratkan nanas seperti pine cone yang artinya kerucut pohon cemara. Orang Inggris menyebut nanas apple karena rasanya yang segar dan lezat. Sedangkan penduduk asli Amerika Selatan yaitu orang Indian menyebut nanas pineapple yang artinya buah yang memiliki rasa yang unggul. Dari nama-nama sebelumnya itulah yang menjadi dasar para ahli botanikal untuk memberi nama buah ini ananas Cosmosus.

Captain Cook pertama kali membawa nanas ke Hawaii pada saat kapal laut yang ditumpanginya mengalami kerusakan dan terdampar di Hawaii. Pada waktu itu saat berlayar kemana pun para pelaut dari bangsa Eropa selalu membawa nanas, selain nanas dapat bertahan lama saat disimpan dipercaya juga nanas dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal dan kudis.

Penduduk Hawaii menyebut nanas halakahiki yang artinya buah dari luar negeri. Mulai ditanam di Hawaii pada awal tahun 1800. Pada tahun 1816 ditemukan tanaman yang sejenis tumbuh di daerah sekitar kepulauan Hawaii.
Kandungan gizi buah nanas dari 100 gram berat bahan yang dapat dimakan adalah kalori 52 kal, protein 0.4 g, lemak 0.2 g, hidrat arang 13.7 g, kalsium 16 mg, fosfor 11 mg, besi 0.3 mg, vitamin A 130 SI, vitamin B 0.08 mg, dan vitamin C 24 mg.



(www.hanyawanita.com)
(www.google.co.id)

1 comment:

icHaaWe said...

aku alergi nanas...abis makan nanas..lgsg degh tumbuh bintik2 merah..gatel2 gak jelas...hiks

PESEN'S